Welcome to The New World
Hari satu bantu Orang tua|Hari dua nonton upin ipin|Hari tiga jadi pembaca|Hari empat jadi pemimpin

Kalender


MusicPlaylist
Diberdayakan oleh Blogger.

Mau buat buku tamu ini ?
Klik di sini
Minggu, 11 November 2012

Antarmuka komputer dengan saluran komunikasi

Sebelum membangun suatu jaringan komputer, perlu diperhatikan perangkat-perangkat keras yang dibutuhkan.Perangkat keras merupakan alat yang mendukung berfungsinya suatu jaringan. Perangkat keras ini, antara lain terdiri atas NIC ( Network Interface Card ), hub, kabel, bridges, dan router.



1. (NIC Network Interface Card )
NIC disebut juga kartu antarmuka jaringan sebagai penghubung yang dipasang pada setiap komputer.Pada    umumnya, PC telah dipasang NIC disebut Onboard Card NIC. Komputer notebook memiliki slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut dengan PCMCIA slot. Pada komputer MAC, pemasangan NIC menggunakan kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputer.Berikut macam-macam kartu jaringan yang sering digunakan.


a. Ethernet card
Komputer yang belum memiliki port untuk LAN dapat menggunakan ethernet card yang dipasangkan pada slot ekspansi. Kartu jaringan ethernet ini memiliki port untuk koneksi kabel koaksial ataupun twisted pair. Konektor yang digunakan adalah BNC untuk kabel koaksial dan RJ-45 untuk kabel twisted pair. Selain itu, ada pula kartu jaringan ethernet yang memiliki konektor AUI yang dapat dikoneksikan dengan kabel koaksial, twisted pair, atau serat optic.
 










                                                                                         
b. Localtalk connector
Kartu jaringan localtalk digunakan untuk komputer Macintosh. Kartu jaringan ini menggunakan sebuah kotak adapter khusus dan kabel yang terpasang ke port printer. Localtalk memiliki kekurangan dalan kecepatan transfer data yaitu hanya 0,23 Mbps

 





c. Token ring card
Kartu jaringan ini mengggunakan port dengan tipe konektor 9 pin. Cara memasangnya hampir sama dengan kartu jaringan ehternet yang dipasangkan pada slot ekspansi PCI dan PCMCIA pada notebook.






2. Hub/Konsentrator
Hub ini berfungsi untuk menyatukan kabel-kabel network dari setiap komputer workstation atau client, server, dan perangkat lainnya, seperti kabel modem. Hub terdiri dari beberapa port yang telah mempunyai nomor urut.Hub dibagi ke dalam dua jenis yaitu hub pasif dan hub aktif (switch hub).  Hub yang beredar mulai dari hub port 8, 12, 24, dan 32 dengan konektor RJ-45. 

 





3. Kabel
Kabel berfungsi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Ada dua jenis kabel yaitu twisted pair yang terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair ) dan koaksial yang terdiri dari dua jenis, yaitu thick coaxial dan thin coaxial.

a. Twisted Pair 

Twisted pair adalah kabel yang terbuat dari tembaga yang terdiri dari delapan pasang.kabel ini dililit secara berpasangan dengan tujuan untuk menghindari noise electrics (cross talk) yang berasal dari dalam kabel serta interfensi elektromagnetik dan frekuensi radio yang berasal dari luar kabel. Twisted pair terdiri dari UTP (Unshielded Twisted Pair) dan STP (Shielded Twisted Pair ). Perbedaan antara dua kabel ini adalah tambahan lapisan pembungkus kabel pada STP.


b. Koaksial
Kabel koaksial terdiri dari beberapa ukuran diameter yang besar dan memiliki transmisi yang panjang dan dapat menolak noise electrics. Kabel koaksial terdiri dari :

  1. Thick coaxial berdiameter 12 mm dan berwarna kuning. Kabel ini dikenal dengan 10base5, dengan daya jangkau kabel berkisar 500 s.d. 2500 meter. kelebihan kabel ini memiliki jalur frekuensi yang lebar sehingga banyak digunakan untuk komunikasi broadband seperti jaringan tv kabel.

  1. Thin coaxial  bediameter 8 mm, kabel berawarna hitam, dan biasa digunakan oleh kalangan radio amatir yang memerlukan output daya besar. Penggunaannya dalam jaringan menggunakan konektor BNC T-Connector.

Kualitas kabel koaksial lebih baik dariapada kabel twisted pair dan memiliki kemampuan untuk mentransmisikan data hingga 10 Mbps.



c. Kabel fiber optic (serat optik)
Merupakan salah satu kabel dalam jaringan wireline yang dapat mentransmisikan bit menjadi cahaya. Kabel ini memiliki kecaeapatan yang sangat tinggi dibandingkan kabel twisted pair dan koaksial. Fiber optik mampu menahan interferensi elektromagnetik dan cross talk serta tidak membawa sinyal listrik.Memiliki jangkauan berskisar 550 s.d ratusan kilometer dengan transfer data 100Mbps. 
 
 
4. Konektor
Konektor yang digunakan untuk membuat jaringan adalah konektor RJ-45 dengan kabel twisted pair dan BNC dengan kabel koaksial. Konektor RJ-45 terdiri dar 8 pin. Teknik pemasangan kabel pada pin tersebut terdiri atas dua cara, yaitu :
  • Straight Cable : Pemasangan kabel ini adalah dengan menghubungkan ujung masing-masing konektor dengan warna yang sama. Straight cable digunakan untuk menghubungkan workstation komputer dngan hub.
  • Crossover Cable : Untuk menghubungkan antara client yang satu dengan yang lainnya tanpa menggunakan hub atau menghubungkan antarhub.
Berikut tabel pemasangan kabel twisted pair:



5. Repeater 
Perangkat  ini berfungsi sebagai  penguat sinyal dari kabel, misalnya pada sebuah jaringan  LAN dengan topologi star dengan menggunakan kabel UTP. 

6. Bridge 
Perangkat ini berfungsi untuk membagi sebuah jaringan hingga menjadi dua buah jaringan. Bridge mengatur informasi di antara kedua sisi network agar dapat berjalan dengan baik dan teratur.kemampuan bridge lainnya adalah untuk mengkoneksi network dengan tipe kabel atau topologi yang berbeda. 


7. Router 
Perangkat ini berfungsi untuk menghubungkan jaringan LAN dengan internet dalam merutekan transmisi antara keduanya. Kelebihan dari router adalah kemampuan mencari jalur yang terbaik dalam mentransmisikan pesan atau data dari alamat asal ke alamat tujuan. Router dapat mengatur jalur sinyal secara efisien, mengatur pesan di antara dua buah protokol, mengatur pesan di antara topologi jaringan linear bus dan star, serta mengatur pesan yang melewati kabel serat optik, kabel koaksial, dan kabel twisted pair.